Jumat, 05 Agustus 2011

Cara Instal Joomla 1.6 dengan Cpanel Hosting

Joomla telah meluncurkan versi terbarunya, yakni Joomla versi 1.6. Banyak pengguna joomla yang sebelumnya menggunakan versi lama, ingin mengganti ke versi baru tersebut. Disamping fitur yang disediakan lebih lengkap dari versi sebelumnya, Joomla versi 1.6 ini juga lebih mudah untuk dioperasikan.
Untuk instalasi joomla, terdapat dua cara, yakni secara manual (biasanya menggunakan FileZilla maupun Xampp), atau dapat kita instal langsung melalui Cpanel hosting Anda. Untuk itu, melalui artikel ini, saya ingin berbagi mengenai cara instalasi joomla versi 1.6 ini secara mudah dan praktis.



  1. Terlebih dahulu Anda harus mendownload Joomla versi 1.6 yang paling baru. Anda langsung menuju ke situs download joomla http://www.joomla.org/download.html, lalu donwload joomla 1.6. Saya menyarankan Anda untuk mendownlad yang versi ZIP Full Package, bukan Upgrade Package. Untuk upgrade, bisa Anda lakukan di situs joomla Anda nanti.
  2. Buka Cpanel hosting Anda, lalu klik File Manager dengan directory Web Root (public_html/www). Jangan lupa centang hidden files untuk sekedar melihat kemungkinan terdapat file cache.
  3. Setelah itu, langsung upload file joomla 1.6 yang telah Anda download sebelumnya.
  4. Extract file tersebut. Setelah selesai proses extract, hapus file yang telah Anda upload tersebut.
  5. Setelah proses ini selesai, Anda harus membuat database data joomla. Kembali homepage Cpanel hosting Anda, lalu klik MySQL Database Wizard.
  6. Buat nama file database anda. Contohnya : herdians_joomla
  7. Masukkan username dan paswoord database anda. Contohnya : herdians_joomla. Pasword terserah Anda. Ingat baik-baik nama dan pasword database tersebut.
  8. Setelah itu, di langkah selenjutnya centang aja ALL PRIVILEGES agar semua opsi tercentang otomatis.
  9. Tahap pembuatan database selesai.
  10. Langkah berikutnya, ketik alamat domain Anda di browser untuk memulai instalasi joomla 1.6. Contohnya :www.b-media.net.
  11. Langkah pertama adalah memilih bahasa, lalu tekan next.
  12. Langkah kedua, Pre-Installation Check. Yaitu pemeriksaan sebelum instalasi. Tekan next aja untuk langkah berikutnya.
  13. Berikutnya adalah penjelasan mengenai aturan atau license Joomla. Tekan next untuk tahap berikutnya.
  14. Langkah berikutnya adalah instalasi database yang sebelumnya sudah Anda buat. Bagian Database Type dan Host name dan Table Prefix tidak perlu dirubah. Masukkan database yang telah Anda buat sebelumnya pada bagian opsi : Username, password dan database name, lalu tekan Next.
  15. Langkah selanjutnya, pada bagian FTP Configuration, Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Langsung tekan Next saja.
  16. Langkah berikutnya adalah Main Configuration. Masukkan nama website Anda dikolom site name. Lalu masukkan email, username dan password admin yang akan Anda gunakan untuk mengelola website Anda nantinya. Pada bagian ini, Anda juga akan diberikan opsi apakah ingin menginstal sample data atau tidak. Jika iya, silahkan tekan tombol sample data. Namun jika tidak, langsung tekan next aja untuk langkah selanjutnya.
  17. Langkah terakhir, tekan “REMOVE INSTALATION FOLDER”. Jika folder ini tidak dihapus, maka Anda tidak dapat membuka website Anda nantinya.
  18. Proses instalasi selesai, kini website Anda sudah dapat digunakan. Tekan site untuk melihat website Anda, atau administrator untuk mengelola website anda dengan Joomla versi 1.6.
Demikian cara mudah melalukan instalasi joomla versi 1.6 dengan CPanel hosting Anda. Semoga bermanfaat. Jika Anda memili

0 komentar:

Posting Komentar

Email subscribe

Sign up for our newsletter to receive the latest news and event postings.

Copyright © 2011 b-media, All Right Reserved. Design by B-media Design Powered by Blogger